PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIIIG MTS NEGERI 2 MOJOKERTO

Penulis

  • Husnuz Zaimah Minister Of Religion Affair

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v13i2.79

Kata Kunci:

Open Ended, Berpikir Kreatif, SPLDV

Abstrak

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana model pembelajaran Open Ended dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa; (2) Mengetahui bagaimana respon siswa setelah diterapkan model
pembelajaran Open Ended. Penelitiaan ini menggunakan desain Pretest dan Post test yang subjek penelitiannya
adalah siswa MTs NEGERI 2 Mojokerto kelas VIIIG Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian dipilih satu kelas
yang memiliki kemampuan heterogen. Pada pengumpulan data menggunakan soal pretest dan posttest, sedangkan
analisis data diambil dari Tes Berpikir Kreatif I (TBK I) dan Tes Berpikir Kreatif II (TBK II). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIIIG MTs NEGERI 2 Mojokerto dalam menyelesaikan masalah
matematika tentang SPLDV pada TBK I dan TBK II terjadi perubahan. Terdapat 24 siswa yang mengalami
peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan presentase 66,67%, 12 siswa tidak mengalami peningkatan atau
tetap sebesar 33,33%. Berdasarkan persentase dan kategori yang telah dibuat, peningkatan kemampuan berpikir
kreatif siswa tergolong rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Husnuz Zaimah, Minister Of Religion Affair

Diklat Keagamaan Surabaya

Unduhan

Diterbitkan

2019-04-23

Cara Mengutip

Zaimah, H. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIIIG MTS NEGERI 2 MOJOKERTO. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 9–21. https://doi.org/10.52048/inovasi.v13i2.79