PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIIIG MTS NEGERI 2 MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v13i2.79Keywords:
Open Ended, Berpikir Kreatif, SPLDVAbstract
Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui bagaimana model pembelajaran Open Ended dapat
meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa; (2) Mengetahui bagaimana respon siswa setelah diterapkan model
pembelajaran Open Ended. Penelitiaan ini menggunakan desain Pretest dan Post test yang subjek penelitiannya
adalah siswa MTs NEGERI 2 Mojokerto kelas VIIIG Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian dipilih satu kelas
yang memiliki kemampuan heterogen. Pada pengumpulan data menggunakan soal pretest dan posttest, sedangkan
analisis data diambil dari Tes Berpikir Kreatif I (TBK I) dan Tes Berpikir Kreatif II (TBK II). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIIIG MTs NEGERI 2 Mojokerto dalam menyelesaikan masalah
matematika tentang SPLDV pada TBK I dan TBK II terjadi perubahan. Terdapat 24 siswa yang mengalami
peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan presentase 66,67%, 12 siswa tidak mengalami peningkatan atau
tetap sebesar 33,33%. Berdasarkan persentase dan kategori yang telah dibuat, peningkatan kemampuan berpikir
kreatif siswa tergolong rendah.