PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MODEL INDUKTIF DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI PADA SISWA SMP NEGERI DI KABUPATEN SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v10i4.40Kata Kunci:
inductive model, appreciation, poetry, research and developmentAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa
dalam mengapresiasi puisi melalui pengembangkan model induktif.
Metode yang digunakan dalam penel iti an ini adal ah metode
penelitian dan pengembangan (research and development) yang
dimodifikasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif. Hasi l peneli tian menunj ukkan bahwa pembelajaran
melalui model indukti f yang memperhatikan delapan l angkah
pembelajaran tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa
dalam mengapresiasi puisi. Peningkatan itu secara numerik dapat
dilihat dari rata-rata hasil evaluasi dan rata-rata hasil observasi dalam
setiap pemberlakuan. Pada pemberlakuan I rata-rata hasil evaluasi
menunjukkan angka 60,9, pada pemberlakuan II menunjukkan angka 62,4, dan pada pemberlakuan III menunjukkan angka 65,3, sedangkan
rata-rata hasil observasi pada pemberlakuan I dari kriteria ’kurang’
berangsur-angsur menjadi ’cukup’, pada pemberlakuan II dari kreteria
’cukup’ berangsur-angsur menjadi ’baik’ dan pada pemberlakuan III
dari kriteria ’baik’ berangsur-angsur menjadi ’sangat baik’.