Pengaruh Peran Wali Kelas Dalam Kegiatan Belajar dari Rumah (BdR) Terhadap Keaktifan Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Jombang

Penulis

  • Erma Rahmawati Kementerian Agama Kab. Jombang

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i3.167

Kata Kunci:

Wali Kelas, Daring, Keaktifan

Abstrak

Pelaksanaan KBM di madrasah sejak bulan Maret 2020 mengalami perubahan dikarenakan ada pandemi Covid-19, pemerintah telah menetapkan konsep BdR (Belajar dari Rumah) diseluruh jenjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui sejauh mana pengaruh peran wali kelas dalam kegiatan BdR terhadap keaktifan peserta didik kelas XI MAN 1 Jombang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Untuk analisa data menggunakan uji autokorelasi Durbin-Watson, dan Uji Simultan F. Hasil penilitan menujukkan  bahwa terdapat pengaruh peran wali kelas terhadap keaktifan peserta didik kelas XI  MAN  1 Jombang, sebesar 69,2 %

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-12-21

Cara Mengutip

Rahmawati, E. (2020). Pengaruh Peran Wali Kelas Dalam Kegiatan Belajar dari Rumah (BdR) Terhadap Keaktifan Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Jombang. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 14(3), 180–186. https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i3.167