Pengaruh Peran Wali Kelas Dalam Kegiatan Belajar dari Rumah (BdR) Terhadap Keaktifan Peserta Didik Kelas XI MAN 1 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v14i3.167Kata Kunci:
Wali Kelas, Daring, KeaktifanAbstrak
Pelaksanaan KBM di madrasah sejak bulan Maret 2020 mengalami perubahan dikarenakan ada pandemi Covid-19, pemerintah telah menetapkan konsep BdR (Belajar dari Rumah) diseluruh jenjang pendidikan. Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui sejauh mana pengaruh peran wali kelas dalam kegiatan BdR terhadap keaktifan peserta didik kelas XI MAN 1 Jombang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Untuk analisa data menggunakan uji autokorelasi Durbin-Watson, dan Uji Simultan F. Hasil penilitan menujukkan bahwa terdapat pengaruh peran wali kelas terhadap keaktifan peserta didik kelas XI MAN 1 Jombang, sebesar 69,2 %