KETERAMPILAN PESERTA DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF PEMBELAJARAN TEMATIK MI DALAM PRAKTIK PEMBELAJARAN DI BALAI DIKLAT KEAGAMAAN SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v13i3.88Kata Kunci:
2013 curriculum, 21st century learning, thematic learningAbstrak
Kurikulum berfungsi sebagai jantungnya pendidikan (curriculum is the heart of education) sehingga
kurikulum 2013 revisi 2017 yang bercirikan pembelajaran abad 21 memberikan perhatian yang lebih
besar pada pendidikan. Pola pendidikan yang baru diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang
berkarakter dan siap menghadapi tantangan-tantangan di masa mendatang, akan tetapi pada pelaksanaannya
masih dijumpai guru kesulitan mengintegrasikan karakter dalam pembelajarannya, sehingga
pembelajaran masih menekankan pada substansi atau materi ajar untuk mengejar target pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi peserta diklat Pembelajaran tematik MI
dalam melaksanakan Pembelajaran, adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskriptif kualitatif yang didahului dengan pendekatan kuantitatif. Pemanfaatan kedua pendekatan ini
dapat dikombinasikan agar dapat menghasilkan kesimpulan yang lebih sempurna. Hasil penelitian ini
dapat digambarkan kemampuan responden yang diambil dari guru kelas 1dan kelas 4 memiliki
kemampuan ”baik” dalam praktik pembelajaran dengan prosentase nilai sebesar 75,7 %
Direkomendasikan pada peserta Diklat Teknis Substantif Pembelajaran Tematik MI agar semakin meningkatkan
kemampuan yang dimiliki dan diharapkan menambah wawasan dengan mempelajari peraturan
kurikulum 2013 yang terbaru terutama dalam mengelola pembelajaran.