MELATIHKAN KETERAMPILAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI PADA BAHASAN BIOTEKNOLOGI
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v13i2.83Kata Kunci:
keterampilan berfikir tingkat tinggi, hasil belajar, model inkuiriAbstrak
Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran Biologi berbasis inkuiri untuk melatihkan
keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa SMA pada pokok bahasan bioteknologi. Subyek penelitian ini
adalah 40 siswa SMA Negeri 21 Surabaya pada tahun ajaran 2017/2018 dengan menggunakan One Group
Pre test - Post test Design. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dikumpulkan dari
tugas dan angket untuk mengetahui beban kognitif siswa pada saat menerima informasi ketika implementasi
pembelajaran. Data kuantitatif dikumpulkan dari hasil tes yang terdiri dari 40 soal tes kognitif dan 10 soal
tes keterampilan berfikir. Hasil penelitian menunjukan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri dapat
digunakan untuk melatihkan keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa dengan kategori baik (skor 3,65),
minat siswa (skor 4,81), hasil belajar kognitif (skor 88,95), ketuntasan individu dan klasikal keterampilan
berfikir (skor 87,40). Simpulan perangkat pembelajaran inkuiri layak untuk melatihkan keterampilan berfikir
tingkat tinggi siswa SMA.