EFEKTIVITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN STRATEGI MIND MAPPING PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v13i2.80Kata Kunci:
Lembar kerja peserta didik, mind mapping, ikatan kimiaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa dengan strategi mind mapping yang efektif untuk
digunakan. Pengembangan lembar kerja siswa dalam penelitian ini menggunakan metode 4D (Define, Design,
Develop and Disseminate) yang terbatas pada tahap Develop. Kriteria efektivitas diperoleh berdasarkan skor n-gain
berdasarkan skor pre-test dan post-test. Efektivitas lembar kerja siswa dilihat dari nilai penilaian mind mapping dan
hasil belajar siswa. Hasil penilaian mind mapping memenuhi kriteria meningkat dengan kriteria dengan 0,7 dengan
kriteria tinggi 80% dan 0,3 dengan kriteria sedang 20%. Serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan
kriteria ≥ 0,7 dengan kriteria tinggi 73,33% dan 0,3 dengan kriteria sedang 26,67%. Lembar kerja siswa dengan
strategi pemetaan pikiran dinyatakan efektif untuk digunakan sebagai bahan pengajaran dalam hal meningkatkan
hasil penilaian pemetaan pikiran dan hasil belajar siswa