PENGARUH DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF PENYUSUNAN RPP TERHADAP PEMAHAMAN GURU MIN 01 SIDOARJO

Penulis

  • Ani Nur Hidayati Minister Of Religion Affair

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v13i2.77

Kata Kunci:

Diklat, Pemahaman, RPP

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh diklat teknis substantif penyusunan RPP terhadap pemahaman guru
MIN 01 Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah quasi-experimental dengan pendekatan one group design pre-post test.
Lokasi penelitian di MIN 01 Sidoarjo dengan waktu pelaksanaan penelitian bulan November-Desember 2019. Teknik
pengambilan sampel menggunakan classified sampling sebanyak 30 orang guru MIN 01 Sidoarjo. Teknik analisis data
menggunakan paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Ada pengaruh diklat teknis
substantif penyusunan RPP terhadap pemahaman konsep. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan
independen t-test diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (27, 499 > 2,756) dengan nilai taraf signifikan kurang
dari 1% (0.000 < 0.01) sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2019-03-27

Cara Mengutip

Hidayati, A. N. (2019). PENGARUH DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF PENYUSUNAN RPP TERHADAP PEMAHAMAN GURU MIN 01 SIDOARJO. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 1–8. https://doi.org/10.52048/inovasi.v13i2.77