PENGARUH DIKLAT TEKNIS SUBSTANTIF PENYUSUNAN RPP TERHADAP PEMAHAMAN GURU MIN 01 SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v13i2.77Kata Kunci:
Diklat, Pemahaman, RPPAbstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh diklat teknis substantif penyusunan RPP terhadap pemahaman guru
MIN 01 Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah quasi-experimental dengan pendekatan one group design pre-post test.
Lokasi penelitian di MIN 01 Sidoarjo dengan waktu pelaksanaan penelitian bulan November-Desember 2019. Teknik
pengambilan sampel menggunakan classified sampling sebanyak 30 orang guru MIN 01 Sidoarjo. Teknik analisis data
menggunakan paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Ada pengaruh diklat teknis
substantif penyusunan RPP terhadap pemahaman konsep. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang menggunakan
independen t-test diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (27, 499 > 2,756) dengan nilai taraf signifikan kurang
dari 1% (0.000 < 0.01) sehingga hipotesis yang dikemukakan teruji kebenarannya.