Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Inklusi: Studi Kasus ABK di Bali

Penulis

  • Haris Nursyah Arifin Arifin STAI Denpasar Bali
  • Arjiman
  • Rusma Yani STAI Denpasar Bali

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v19i1.635

Kata Kunci:

Anak dengan penanganan khusus, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Inklusi, Strategi Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis strategi pembelajaran pendidikan agama islam pada sekolah inklusi, dan 2) Mendesripsikan partisipasi orang tua dalam mendukung pembelajaran PAI pada ABK. Penelitian ini studi kasus, dengan lokus di sekolah menengah dan sekolah dasar di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung, informan ditentukan dengan purposive, dengan informan Kepala Sekolah, Waka. Kurikulum, guru kelas, guru PAI, ABK, dan orangtua ABK. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi selanjutnya dituangkan secara deskriptif setelah melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan strategi pembelajaran efektif seperti pendekatan klasikal dan individual dalam membelajarkan ABK, metode di sesuaikan dengan kebutuhan khusus ABK dan media yang digunakan adalah gambar, poster, kartu edukasi, dan video animasi. Kurikulum nya juga sama dengan yang non ABK hanya mengalami penyederhanaan disesuaikan dengan kondisi ABK, 2) Partisipasi orang tua ABK meliputi keterlibatan ayah dan ibu melalui dialog rutin dan konsisten dengan wali kelas, partisipasi dalam kegiatan sekolah, pendampingan di rumah, serta penyediaan lingkungan yang mendukung.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-05

Cara Mengutip

Arifin, H. N. A., Arjiman, & Yani, R. (2025). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Inklusi: Studi Kasus ABK di Bali. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 19(1), 122–142. https://doi.org/10.52048/inovasi.v19i1.635