Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Inklusi: Studi Kasus ABK di Bali
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v19i1.635Kata Kunci:
Anak dengan penanganan khusus, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Inklusi, Strategi PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis strategi pembelajaran pendidikan agama islam pada sekolah inklusi, dan 2) Mendesripsikan partisipasi orang tua dalam mendukung pembelajaran PAI pada ABK. Penelitian ini studi kasus, dengan lokus di sekolah menengah dan sekolah dasar di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung, informan ditentukan dengan purposive, dengan informan Kepala Sekolah, Waka. Kurikulum, guru kelas, guru PAI, ABK, dan orangtua ABK. Data dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi selanjutnya dituangkan secara deskriptif setelah melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penggunaan strategi pembelajaran efektif seperti pendekatan klasikal dan individual dalam membelajarkan ABK, metode di sesuaikan dengan kebutuhan khusus ABK dan media yang digunakan adalah gambar, poster, kartu edukasi, dan video animasi. Kurikulum nya juga sama dengan yang non ABK hanya mengalami penyederhanaan disesuaikan dengan kondisi ABK, 2) Partisipasi orang tua ABK meliputi keterlibatan ayah dan ibu melalui dialog rutin dan konsisten dengan wali kelas, partisipasi dalam kegiatan sekolah, pendampingan di rumah, serta penyediaan lingkungan yang mendukung.
Unduhan

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.