Media Pembelajaran : Pengembangan Media Pembelajaran melalui Google Sites untuk Memperbaiki Keterampilan Membaca Siswa pada Teks Recount
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v19i1.632Kata Kunci:
Google Sites, keterampilan membaca, media pembelajaranAbstrak
Di era digital, diharapkan para guru dapat merancang proses pembelajaran yang menyenankan di dalam kelas. Hal ini terutama berlaku bagi sekolah-sekolah dengan fasilitas dan sumber daya yang baik untuk mengembangkan materi ajar. Seorang guru harus merancang pembelajaran secara kreatif dan inovatif agar dapat memfasilitasi pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Langkah pertama adalah menyesuaikan metode pengajaran dengan karakteristik siswa dan menggunakan Sistem Manajemen Pembelajaran yang mudah diakses. Selain itu, materi ajar yang menyenankan dapat meningkatkan minat siswa dan mencegah kebosanan. Google Sites merupakan salah satu cara untuk membuat dan mengelola situs web. Dengan Google Sites, pengguna dapat membuat situs web tanpa harus mempelajari bahasa pemrograman atau desain web yang rumit, karena alat ini menyediakan berbagai fitur dan templat yang mudah digunakan. Pengembangan materi ajar online maupun offline diharapkan dapat memberikan manfaat yang optimal bagi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana platform Google Sites dikembangkan sebagai media pembelajaran, bagaimana penerapannya sebagai media pembelajaran, dan untuk menggambarkan respons siswa terhadap pelajaran bahasa Inggris menggunakan Google Sites terkait keterampilan membaca. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian menggunakan media, yang disebut Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli adalah 88,45%, dengan kategori "sangat valid." Sementara itu, respons siswa terhadap penggunaan media ini adalah 66,89%, dengan variasi "cukup baik." Berdasarkan kedua hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media ini cukup efektif dalam kegiatan pembelajaran keterampilan membaca.
Unduhan

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.