URGENSI PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN

Penulis

  • Tri Rumhadi Kementerian Agama

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v12i2.63

Kata Kunci:

Urgency, portfolio, learning

Abstrak

Dalam proses pembelajaran sering terjadi penyampaian pesan guru
kepada siswa mengalami masalah baik dari segi pemahaman siswa
maupun dari segi keaktifan siswa. Pada prinsip utamanya adalah
adanya proses keterlibatan seluruh atau sebagian besar potensi
diri siswa ( fisik dan non fisik ) dan kebermaknaannya bagi diri dan
kehidupannya saat ini dan di masa yang akan datang ( life skill).Selain
itu penilaian menjadi masalah, terutama menyimpulkan nilai siswa
dalam kompetansi keterampilan. Diperlukannya model penilaian
untuk memudahkan siswa dalam memahami materi, oleh karena
itu melalui portofolio yang merupakan salah satu upaya guru untuk
mengurangi dominasi guru dalam pembelajaran yang pada intinya
menari k kesi mpulan kompetansi keterampi lan dengan tepat.
Dalam proses pembelajaran yang perlu diperhati kan adal ah
bagaimana merancang portofol i o dengan memperhati kan
karakteristik siswa. Bukti portofolio yang dikumpulkan berupa
produk, unjuk kerja, maupun tugas proyek yang dikumpulkan
dari penilaian yang dilakukan siswa. Semua bukti portofolio yang
dikumpulkan dari berbagai aspek akan diambil yang paling baik
untuk menyimpulkan kompetensi keterampilan siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Tri Rumhadi, Kementerian Agama

Balai Diklat Keagamaan Surabaya

Unduhan

Diterbitkan

2018-06-27

Cara Mengutip

Rumhadi, T. (2018). URGENSI PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 12(2), 183–188. https://doi.org/10.52048/inovasi.v12i2.63