LKPD Berbasis Problem Based Learning: Upaya Mendukung Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Momentum Impuls, dan Tumbukan

Penulis

  • siti aisyah aisyah universitas negeri surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v19i1.626

Kata Kunci:

Keterampilan Berpikir Kritis, Momentum, Impuls dan Tumbukan, Problem Based Learning

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis problem-based-learning yang valid dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir  kritis siswa. Pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning merujuk pada model Dick and Carey yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X sebagai subjek. Proses pengembangan LKPD mengikuti beberapa tahapan utama, yaitu identifikasi, analisis, perancangan, pengembangan, validasi, implementasi, dan evaluasi. Hasil penerapan LKPD menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis siswa. Persentase hasil pre-test sebesar 20,18%, sedangkan post-test meningkat hingga 91,48%. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis Problem-Based Learning secara efektif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-05

Cara Mengutip

aisyah, siti aisyah. (2025). LKPD Berbasis Problem Based Learning: Upaya Mendukung Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Momentum Impuls, dan Tumbukan. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 19(1), 69–87. https://doi.org/10.52048/inovasi.v19i1.626