LKPD Berbasis Problem Based Learning: Upaya Mendukung Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Momentum Impuls, dan Tumbukan
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v19i1.626Kata Kunci:
Keterampilan Berpikir Kritis, Momentum, Impuls dan Tumbukan, Problem Based LearningAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis problem-based-learning yang valid dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning merujuk pada model Dick and Carey yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X sebagai subjek. Proses pengembangan LKPD mengikuti beberapa tahapan utama, yaitu identifikasi, analisis, perancangan, pengembangan, validasi, implementasi, dan evaluasi. Hasil penerapan LKPD menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterampilan berpikir kritis siswa. Persentase hasil pre-test sebesar 20,18%, sedangkan post-test meningkat hingga 91,48%. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan LKPD berbasis Problem-Based Learning secara efektif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Unduhan

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.