Transformasi Peran Guru Di Era Digital: Meningkatkan Efektivitas Manajemen dan Administrasi Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v19i1.620Kata Kunci:
administrasi, efektivitas, era digital, Collaboratif Assistance, soal pilihan ganda, kemampuan guru, tes terstandar., Sistem manajemen Pembelajaran(SMP)Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru di era digital, efektivitas manajemen dan administrasi Madrasah serta pengaruh transformasi digital dalam meningkatkan efektivitas manajemen dan administrasi madrasah serta pengaruh transformasi digital dalam meningkatkan efektivitas manajemen dan administrasi madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix-method dengan metode meta-analisis dan quantitatif dengan menyebar kuesioner ke guru-guru di berbagai Madrasah di Propinsi Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru di era digital sangat penting karena guru tidak hanya mengajar, mendidik, melatih dan membimbing tetapi juga meningkatkan profesionalitas dengan memahami dan mengaplikasikan teknologi dalam pembelajaran. Dengan peran guru dalam teknologi dapat meningkatkan efektivitas manajemen dan administrasi Madrasah sehingga semua perencanaan pembelajaran dan tata kelola administrasi menjadi lebih rapi dan baik. Hasil penelitian didapat sekitar 65% lebih guru menyatakan adanya peningkatan lebih baik dalam mengelola pembelajaran, administrasi, interaksi guru dan orang tua, mengurangi beban kerja, mendukung perubahan peran guru, mendukung pembaharuan teknologi digital, dan mengefektifkan manajemen dan administrasi Madrasah.
Unduhan

Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.