MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI PEMBELAHAN SEL MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS LKS DIVERGEN DI SMAN 14 SURABAYA

Penulis

  • Alif Hanifah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v12i2.61

Kata Kunci:

Discovery Learning, Divergen LKS, students’ critical thinking skills

Abstrak

Peneli ti an Tindakan Kel as i ni bertuj uan meni ngkatkan
berpi kir kriti s siswa pada materi Pembelahan Sel Melalui
model Discovery Learning berbasis LKS Divergen. Penelitian
dilaksanakan 2 siklus pada bulan Oktober 2017. data berupa
tindakan guru, hasil belaj ar si swa berupa kemampuan
kognitif dan ketrampi l an berfi ki r kri ti s si swa. Indi kator
keberhasi l an pembelaj aran siswa meni ngkatnya ni lai
hasil belajar dengan ketuntasan siswa sebesar 95 %
Hasi l peneli ti an membuktikan bahwa penerapan model
Discovery Learni ng berbasi s LKS di vergen pada materi
Pembelahan sel dilaksanakan sesuai langkah pembelajaran
dan bi mbi ngan guru, dapat meningkatkan hasi l bel ajar
siswa yaitu kemampuan kognitif dan keterampi lan berpikir

kritis siswa mengalami peningkatan setelah pembelajaran,
yaitu rerata hasil belajar sebesar 70 pada siklus I dan 82 pada
siklus 2. Ketuntasan klasikal 52,5 % setelah siklus I dan 95 %
setelah siklus II. Peningkatan berpikir kritis siswa sebesar
0,78 berkategori tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Alif Hanifah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

SMAN 14 Surabaya

Unduhan

Diterbitkan

2018-06-27

Cara Mengutip

Hanifah, A. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI PEMBELAHAN SEL MENGGUNAKAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS LKS DIVERGEN DI SMAN 14 SURABAYA. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 12(2), 165–172. https://doi.org/10.52048/inovasi.v12i2.61