MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA YANG BAIK BAGI SISWA IBTIDAIYAH (MI) MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MONOSA (MONOPOLI BAHASA)

Penulis

  • Syarifuddin . Kementerian Agama

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v12i2.60

Kata Kunci:

pengembangan, media Monosa, pembelajaran Bahasa Indonesia MI

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pengembangan media
Monosa berbasis kemandirian anak pada pembelajaran bahasa
Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah (MI). Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode penelitian diskriptif dan
menggunakan prosedur penelti an R & D. Berdasarkan hasi l
penelitian kebutuhan awal diperoleh hasil media yang diharapkan
adalah media yang tidak hanya sekali pakai dan terbuat dari bahan
yang anti air, berukuran sedang dan dapat diletakkan di meja. Media
pembelajaran memuat materi yang beragam dan mencakup semua
aspek keterampi lan berbahasa. Media disertai gambar yang
beragam sesuai dengan materi bahasa Indonesia MI kelas IV.
Berdasarkan hasil vali dasi di perol eh hasil bahwa medi a
pembelajaran Monosa layak digunakan. Selain dapat digunakan
oleh peserta didik, media pembelajaran ini juga dapat menciptakan
suasana menyenangkan serta ti dak menj enuhkan karena
pembelajaran dilakukan dengan bermain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Syarifuddin ., Kementerian Agama

Balai Diklat Keagamaan Medan

Unduhan

Diterbitkan

2018-06-27

Cara Mengutip

., S. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INDONESIA YANG BAIK BAGI SISWA IBTIDAIYAH (MI) MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN MONOSA (MONOPOLI BAHASA). Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 12(2), 157–164. https://doi.org/10.52048/inovasi.v12i2.60