Teknologi Pembelajaran: Kesiapan Pemanfaatan Teknologi dan Keterikatan Kerja pada Dosen Generasi X dan Y

Penulis

  • Rahmatika Sari Amalia UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i2.580

Kata Kunci:

generasi X dan Y, kesiapan berubah, keterikatan kerja

Abstrak

Teknologi dipercaya mampu mendorong peningkatan kualitas pendidikan, termasuk di kalangan pendidikan tinggi keislaman. Sehingga ini mengakibatkan pergeseran pendidikan berbasis teknologi. Kesiapan dosen dalam menghadapi transformasi ke pendidikan yang berbasis teknologi menentukan kesuksesan dosen dalam konteks penggunaan teknologi pendidikan saat ini. Kesiapan menghadapi perubahan pendidikan ini, diprediksikan dapat dipengaruhi oleh bagaimana dosen merasa memiliki keterikatan dengan pekerjaannya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterikatan kerja terhadap kesiapan perubahan pada dosen di PT.AAA dalam memanfaatkan teknologi pendidikan, serta untuk mengetahui perbedaan generasi dalam mempengaruhi keterikatan kerja dan kesiapan perubahan pada dosen di PT.AAA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan skala ukur readiness to change dan work engagement. Populasi dalam penelitian ini adalah dosen pada perguruan tinggi keislaman PT. AAA, dengan jumlah sampel sebanyak 171 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterikatan kerja terhadap kesiapan perubahaan. Sedangkan analisis independent sample t-test digunakan untuk mengukur perbedaan kesiapan perubahan generasi X dan Y sedangkan uji Mann Whitney digunakan untuk mengukur perbedaan keterikatan kerja pada generasi X dan Y. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterikatan kerja terhadap kesiapan perubahan dosen dalam memanfaatkan teknologi pendidikan di perguruan tinggi AAA. Sedangkan berdasarkan hasil uji beda menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan kesiapan perubahan antara dosen generasi X dan Y, sedangkan pada pada variable keterikatan kerja ditemukan perbadaan namun nilai perbedaannya tidak terlalu besar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-11-07

Cara Mengutip

Amalia, R. S. (2024). Teknologi Pembelajaran: Kesiapan Pemanfaatan Teknologi dan Keterikatan Kerja pada Dosen Generasi X dan Y. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 18(2), 234–249. https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i2.580