Pengaruh Metode Socrates Terhadap Kemampuan Berpikir Historis: Analisis Pada Pembelajaran Sejarah Berbasis Masalah

Penulis

  • Mochammad Ronaldy Aji Saputra MAN Sumenep

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i2.570

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Historis, Metode Socrates, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Sejarah

Abstrak

Implementasi Kurikulum Merdeka menjadikan kemampuan berpikir historis sebagai salah satu elemen keterampilan proses dalam capaian pembelajaran sejarah. Pembelajaran berbasis masalah dan metode Socrates telah diakui efektif untuk menumbuhkan kemampuan historis. Namun, sejauh ini belum ada penelitian yang mengarahkan tentang penerapan metode Socrates dalam pembelajaran sejarah berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh metode Socrates dalam terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik dalam pembelajaran sejarah berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimen dengan pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MAN 2 Kota Malang. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu sebanyak 60 peserta didik yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir historis yang terdiri dari 10 soal pilihan ganda. Data dianalisis baik secara deskriptif maupun inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir historis peserta didik antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan uji statistik non-parametrik Wilcoxon dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Socrates memiliki pengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik. Hal ini menunjukkan bahwa metode Socrates berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir historis peserta didik dalam pembelajaran sejarah berbasis masalah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-11-07

Cara Mengutip

Aji Saputra, M. R. (2024). Pengaruh Metode Socrates Terhadap Kemampuan Berpikir Historis: Analisis Pada Pembelajaran Sejarah Berbasis Masalah. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 18(2), 196–208. https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i2.570