Inovasi Pembelajaran Kimia: Implementasi Pembelajaran Kimia Berbasis Literasi Keagamaan Lintas Budaya Sebagai Alternatif Membangun Sikap Moderasi Beragama

Penulis

  • Ririn Eva Hidayati MAN 1 Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i2.542

Kata Kunci:

Pembelajaran kimia, LKLB, moderasi beragama

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kimia berbasis literasi keagamaan lintas budaya (LKLB). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan metode One Shoot Case Study . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran, dan angket untuk mengukur pemahaman dan perilaku moderasi beragama siswa. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil: Pembelajaran kimia berbasis literasi keagamaan lintas budaya telah dilaksanakan guru dengan kategori baik, aktivitas siswa dalam menerapkan kompetensi pribadi, komparasi dan kolaborasi sebesar 12,5; 19,75 dan 20,25% dan keterampilan evaluasi, negosiasi dan komunikasi sebesar 14,5; 16 dan 17%. Pemahaman dan Perilaku moderasi beragama siswa termasuk dalam kategori sangat baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-11-07

Cara Mengutip

Hidayati, R. E. (2024). Inovasi Pembelajaran Kimia: Implementasi Pembelajaran Kimia Berbasis Literasi Keagamaan Lintas Budaya Sebagai Alternatif Membangun Sikap Moderasi Beragama. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 18(2), 151–168. https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i2.542