Inovasi Pembelajaran Kimia: Implementasi Pembelajaran Kimia Berbasis Literasi Keagamaan Lintas Budaya Sebagai Alternatif Membangun Sikap Moderasi Beragama
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i2.542Kata Kunci:
Pembelajaran kimia, LKLB, moderasi beragamaAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran kimia berbasis literasi keagamaan lintas budaya (LKLB). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan metode One Shoot Case Study . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi terhadap keterlaksanaan pembelajaran, dan angket untuk mengukur pemahaman dan perilaku moderasi beragama siswa. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil: Pembelajaran kimia berbasis literasi keagamaan lintas budaya telah dilaksanakan guru dengan kategori baik, aktivitas siswa dalam menerapkan kompetensi pribadi, komparasi dan kolaborasi sebesar 12,5; 19,75 dan 20,25% dan keterampilan evaluasi, negosiasi dan komunikasi sebesar 14,5; 16 dan 17%. Pemahaman dan Perilaku moderasi beragama siswa termasuk dalam kategori sangat baik.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.