PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI IMAN KEPADA ALLAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SMART GAME (TEPUK SIFAT WAJIB DAN MUSTAHIL) DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII B SMPN 2 PANTI, KABUPATEN JEMBER

Penulis

  • Mariyatul Qibtiyah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kata Kunci:

Faith To God, Smart Game Method, Co-operative Learning, Type Make A Match

Abstrak

Proses pembelajaran PAI dengan menggunakan metode konfensional
pada materi iman kepada Allah masih banyak siswa yang mengalami
kesulitan dalam memahami materi yang bersifat penalaran dan hafalan
seperti sifat wajib, sifat mustahil dan sifat jais bagi Allah, terbukti
masih banyak nilai siswa dibawah KKM yang terlihat dari hasil ulangan
siswa dengan nilai rata-rata: 6,7. Sedangkan nilai KKM yang ditentukan
pada siswa kelas tujuh sebesar 75. Penelitian ini bertujuan untuk
mendiskripsikan penggunaan metode smart game dalam pembelajaran
kooperati f ti pe make a match untuk meni ngkatkan kemampuan
memahami iman kepada Allah. Penelitian ini dilakukan di SMPN2 Panti
pada siswa kelas VIIb yang beralamat di Jalan Rajawali 108 Kemuningsari
Lor Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Ada dua si klus dalam
penelitian ini yang masing masing siklus dilakukan 2 (dua) kali pertemuan.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa lembar
observasi dan soal tes. Tekni k analisis data dengan menggunakan
analisis deskriptif komparatif. Berdasarkan analisis data disimpulkan
bahwa ada peni ngkatan dari hasi l observasi terhadap aktivi tas
belajar siswa, pada siklus I prosentase skor adalah 77 %, berada dalam
katagori cukup, dan pada si klus I I prosentase skor meningkat
menjadi 91,6%. dalam katagori sangat baik. Berdasarkan hasil observasi
yang dilakukan teman sejawat terhadap aktivitas guru pada siklus I
prosentase skor adalah 76 % berada dalam katagori cukup. Pada siklus II
prosentase skor meni ngkat menj adi 90 %. Hal i ni menunjukkan
bahwa taraf keberhasi lan guru selama kegi atan pembel aj aran
berada dalam katagori baik. Hasil penilaian pada siklus I terdapat
peningkatan nilai rata-rata siswa dari nilai awal pra siklus 67, meningkat
pada siklus I menjadi 72. Tetapi nilai rata-rata ini masih dibawah KKM 75.
Kemudian hasil nilai siklus II meningkat menjadi 83,26 nilai ini telah
mencapai KKM dan ketuntasan belajar. Dari hasi l wawancara pada
siswa dengan menerapkan metoda Smart Game dal am model
Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) tipe Make A Match
siswa merasa senang dalam pembelajaran. Saran bagi guru dengan
menggunakan metode tersebut diharapkan dapat menumbuhkan
semangat dalam belajar PAI, khususnya dalam menghafal sifat wajib
dan mustahill

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Mariyatul Qibtiyah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

SMPN 2 Pantik Jember

Unduhan

Diterbitkan

2018-06-27

Cara Mengutip

Qibtiyah, M. (2018). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI IMAN KEPADA ALLAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE SMART GAME (TEPUK SIFAT WAJIB DAN MUSTAHIL) DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII B SMPN 2 PANTI, KABUPATEN JEMBER. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 12(2), 107–119. Diambil dari https://bdksurabaya.e-journal.id/bdksurabaya/article/view/54