PENGGUNAAN METODE RECIPROCAL TEACHING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN READING COMPREHENSION SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI MOJOKERTO TAHUN PELAJARAN 2016-2017
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v12i2.53Kata Kunci:
Improve, reading, reciprocal teachingAbstrak
Artikel ini melaporkan penelitian tentang penggunaan Metode
Pengaj aran Reciprocal yang bertuj uan untuk meni ngkatkan
pemahaman membaca dari siswa Kelas X MAN Mojokerto. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
yang melibatkan 46 siswa pada tahun akademik 2016/2017. Penelitian
ini dilakukan dalam dua siklus dengan mengikuti prosedur penelitian
tindakan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Masi ng-masi ng mencakup dua pertemuan. Data peneli tian
dikumpulkan melalui daftar pengamatan, catatan lapangan, dan tes
membaca. Temuan penel itian menunjukkan bahwa Reciprocal
Teaching Method dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa.
Peningkatan tersebut dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa
yang mendapat skor < 70. Selain itu, Metode Pengajaran Timbal Balik
dapat meni ngkatkan keterli batan siswa sel ama proses bel aj ar
mengajar.