Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik: Analisis Pada Topik Hidrokarbon
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i1.496Kata Kunci:
hidrokarbon, keterampilan berpikir tingkat tinggi, pembelajaran berbasis proyekAbstrak
Fokus penelitian ini untuk mendeskripsikan kecakapan berpikir tingkat tinggi peserta didik memakai model belajar berazas proyek pada bidang studi kimia topik hidrokarbon. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen yang memiliki rancangan one group pretest-posttest design. Objek penelitian ini sebanyak 33 siswa Kelas XI MAN 1 Kota Malang. Temuan penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai tes HOTS siswa dari pretest, posttest 1 dan posttest 2. Hasil ini menunjukkan bahwa model belajar berbasis proyek berkontribusi pada peningkatan HOTS siswa MAN 1 Kota Malang untuk mata pelajaran kimia topik hidrokarbon.