Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik: Analisis Pada Topik Hidrokarbon

Penulis

  • Ririn Eva Hidayati MAN 1 Kota Malang
  • Zainul Arief Balai Diklat Keagamaan Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i1.496

Kata Kunci:

hidrokarbon, keterampilan berpikir tingkat tinggi, pembelajaran berbasis proyek

Abstrak

Fokus penelitian ini untuk mendeskripsikan kecakapan berpikir tingkat tinggi peserta didik memakai model belajar berazas proyek pada bidang studi kimia topik hidrokarbon. Penelitian ini termasuk penelitian quasi eksperimen yang memiliki rancangan one group pretest-posttest design. Objek penelitian ini sebanyak 33 siswa Kelas XI MAN 1 Kota Malang. Temuan penelitian menunjukkan terdapat peningkatan nilai tes HOTS siswa dari pretest, posttest 1 dan posttest 2. Hasil ini menunjukkan bahwa model belajar berbasis proyek berkontribusi pada peningkatan HOTS siswa MAN 1 Kota Malang untuk mata pelajaran kimia topik hidrokarbon.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-06-26

Cara Mengutip

Hidayati, R. E., & Arief, Z. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik: Analisis Pada Topik Hidrokarbon. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 18(1), 26–35. https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i1.496