Studi Kasus Bimba AIUEO: Analisis Sistem Pengelolaan Kas Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i1.486Kata Kunci:
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Standar Akuntansi Keuangan (SAK), YayasanAbstrak
Yayasan pendidikan merupakan salah satu jenis yayasan yang didirikan dengan tujuan untuk menyelenggarakan pedidikan, baik formal maupun non-formal. Pendidikan anak usia dini (PAUD) merupakan suatu landasan dari segala pendidikan dan berperan dalam pembangunan anak usia dini. Standar Akuntansi Keuangan (SAK) merupakan standar akuntansi yang mengatur segala proses pembuatan, penyusunan, pencatatan dan penyajian informasi akuntansi dengan tujuan agar laporan keuangan konsisten dan mudah dipahami oleh penggunanya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, yang merupakan hasil wawancara yang didapatkan oleh peneliti dari pengelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) biMBA AIUEO, dikarenakan pengelola ini lebih mengetahui tentang penyusunan arus kas serta catatan transaksi setiap bulan. Pada penelitian ini sumber data yang diperoleh yaitu data sekunder dan data lain berupa profil lembaga, sejarah, visi, misi, dan laporan keuangan. Dari hasil penelitian yang terjadi terkait implementasi sistem pengelolaan kas yaitu belum terlaksananya siklus akuntansi yang baik dan benar serta belum ada pembuatan laporan pengelolaan kas yang sesuai dengan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) biMBA AIUEO