Manajemen Pelatihan: Pengembangan Bahan Ajar Digital Menggunakan Google Sites Dan Youtube Pada Materi Pembuatan Kuis Interaktif Untuk Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i1.482Kata Kunci:
bahan ajar digital, google sites, kuis interaktif, pengembangan, youtubeAbstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan bahan ajar digital menggunakan Google Sites dan YouTube pada materi Kuis Interaktif untuk digunakan pada Pelatihan Multimedia Pembelajaran. Jenis studi yang dilakukan adalah penelitian dan Pengembangan (R & D) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek dalam Penelitian ini adalah 35 Guru Madrasah di Provinsi Maluku. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar validasi terhadap bahan ajar, lembar penilaian kepraktisan bahan ajar, soal pilihan ganda untuk tes pengetahuan, dan rubrik penilaian praktik untuk tes keterampilan. Bahan ajar dikatakan valid jika hasil penilaian para ahli terhadap bahan ajar masuk pada kategori minimal baik. Bahan ajar digital dikatakan praktis jika hasil penilaian widyaiswara dan peserta pelatihan terhadap bahan ajar masuk pada kategori minimal baik. Bahan ajar digital dikatakan efektif jika 85% peserta pelatihan memiliki nilai pengetahuan lebih dari atau sama dengan 70 dan seluruh peserta mampu membuat proyek berupa pembuatan kuis online menggunakan Quizizz. Penelitian ini menghasilkan bahan ajar digital menggunakan Google Sites dan YouTube pada materi kuis interaktif yang memenuhi syarat validitas, kepraktisan dan keefektifan. Kontribusi dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar pelatihan yang dihasilkan dapat menjadi satu rekomendasi untuk dijadikan sumber belajar untuk pelatihan multimedia pembelajaran. selain itu, hasil penelitian ini juga dapat menjadi informasi tentang bagaimana menghasilkan bahan ajar yang berkualitas dan memenuhi standar pelatihan.