POLA PEMBINAAN KOMPETENSI GURU MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PAGU KABUPATEN KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v11i1.48Kata Kunci:
Pembinaan Kompetensi GuruAbstrak
Kinerja guru belum sepenuhnya ditopang oleh derajat penguasaan
kompetensi yang memadai, oleh karena itu perlu adanya upaya
yang komprehensif guna meningkatkan kompetensi guru. Untuk
menindaklanjuti permasalahan terebut maka dalam penelitian
ini penel iti akan mengkaji l ebi h lanjut mel al ui studi empiris
dengan menetapkan judul: Pola Pembinaan Kompetensi Guru
Madrasah Tsanawiyah Negeri Pagu Kabupaten Kediri.
Rumusan masal ah dal am penel i tian ini sebagai beri kut: (1)
Bagaimanakah pola pembinaan kompetensi guru Madrasah Tsanawiyah
Negeri Pagu Kabupaten Kediri melalui pembinaan kompetensi
guru ? (2) Bagaimanakah pola pembinaan kompetensi guru Madrasah
Tsanawiyah Negeri Pagu Kabupaten Kediri melalui rekrutmen guru ?
(3) Bagaimanakah pola pembinaan kompetensi guru Madrasah
Tsanawiyah Negeri Pagu Kabupaten Kediri melalui peningkatan
mutu guru ? Penelitian ini dilakukan secara natural atau alamiah,
apa adanya, dalam situasi formal yang tidak dimanipulasi keadaan
dan kondisi serta menekankan pada penggambaran dan pemaparan
data sebaran alami sehingga dalam hal ini peneliti menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif Penelitian ini tergolong pada
jenis penelitian Kualitatif. Sumber data penelitian adalah guru
MTsN Pagu Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah adalah dengan teknik interview,
observasi dan dokumentasi. komunikasi. Kemudian data yang telah
di kumpulkan dianalisis dengan proses reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Pola pembinaan kompetensi guru Madrasah TsanawiyahNegeri
Pagu Kabupaten Kediri dilakukan melalui kegiatan lesson study.
Sebagai suatu kegi atan yang diawali dengan pengembangan
perencanaan secara bersama, proses pembel ajaran terbuka
dengan meli batkan sejumlah observer, dan refleksi atau diskusi
pasca pelaksanaan pembelajaran, lesson study. merupakan suatu
kegiatan yang sangat potensial dal am peningkatan kuali tas
keprofesionalan guru yang berdampak pada peningkatan kualitas
proses dan hasil pembelajaran dan menciptakan proses interaksi
antar berbagai pihak.