Evaluasi Program CIPP: Studi Atas Program Tahfidz Qur’an Pagi di MTs Tahfidzul Qur’an Azhar Center Makassar
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i1.479Kata Kunci:
Program Evaluation, CIPP, Tahfiz Qur'an MorningAbstrak
Program Tahfiz Qur'an Morning bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menghafal al-Qur’an dengan fasahah dan tajwid yang tepat, mengakar nilai-nilai al-Qur’an, serta menghadirkan al-Qur’an dalam setiap aspek kehidupan. Jenis penelitian ini ialah evaluasi program model CIPP dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Hasil penelitian ini: (1) Dalam segi evaluasi context, program Tahfiz Qur'an Morning di MTs Tahfidzul Quran Azhar Center Makassar telah memungkinkan peserta didik untuk meningkatkan hafalan mereka di luar dari 3 juz yang diwajibkan oleh sekolah. (2) Dari perspektif evaluasi input, para pembina dalam program Tahfiz Qur'an Morning sudah memenuhi kriteria sebagai pembina program Tahfiz Qur'an Morning. Sarana dan prasarana yang mendukung jalannya program ini sudah cukup baik. (3) Evaluasi process menunjukkan bahwa pelaksanaan program Tahfiz Qur'an Morning di MTs Tahfidzul Quran Azhar Center Makassar menggunakan metode talqin. Metode ini melibatkan pengulangan membaca ayat-ayat yang akan dihafal oleh anak-anak hingga mereka menguasainya. Namun, beberapa hambatan ditemui, terutama kurangnya kemampuan peserta didik dalam menghafal ayat-ayat al-Qur'an, yang berdampak pada proses tahfiz. (4) Dilihat dari evaluasi product, pelaksanaan program tahfiz al-Qur’an morning memberikan dampak positif bagi peserta didik, guru, dan masyarakat secara keseluruhan.