Inovasi Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab: Penilaian Kinerja Pada Keterampilan Kalam Di MAN 3 Sleman
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i1.478Kata Kunci:
Inovasi penilaian, Tes Kinerja, Maharah KalamAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi karena evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang ada di MAN 3 Sleman belum mencakup pada aspek maharah kalam. Tujuan penelitian ini ialah untuk menyediakan instrumen tes penilaian kinerja pada maharah kalam di kelas XI MAN 3 Sleman. Penilaian kinerja yang dilakukan berbentuk praktik dialog terpimpin dengan tema السفر (bepergian). Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif deskriptif dengan studi lapangan (field reasearch). Sumber data primer dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI IPA 2 di MAN 3 Sleman. Sumber data sekunder adalah modul ajar bahasa Arab terbitan DIY, panduan dan buku penilaian pembelajaran bahasa Arab. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan analisis dokumen. Hasil penggunaan instrumen tes tersebut mendapatkan hasil yang cukup baik , yaitu siswa yang memiliki kategori ‘sangat kompeten’ dengan persentase 41%, siswa yang memiliki kategori ‘kompeten’ dengan persentase 52% sedangkan siswa yang memiliki kategori ‘cukup kompeten’ dengan persentase 7%. Artikel ini berkontribusi untuk memberikan referensi terkait penilaian kinerja pada maharah kalam di kelas XI.