Pendekatan Pembelajaran: Penerapan Riset Sebagai Salah Satu Bentuk Pembelajaran Abad 21 Pada MTsN 3 Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i1.464Kata Kunci:
MTsN 3 Banyuwangi, Penerapan Riset, Pembelajaran abad 21Abstrak
Riset adalah investigasi aktif, sistematis dan tekun dengan tujuan untuk menemukan, menginterpretasi dan merevisi fakta, dimana dalam riset terdapat serangkain proses mulai dari menemukan masalah atau ide penelitian sampai dengan publikasi hasil penelitian . Belajar pada abad 21 berarti belajar untuk menginterpretasikan kecakapan abad 21 meliputi kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif (4 C). MTsN 3 Banyuwangi telah ditetapkan sebagai Madrasah riset sejak tahun 2020. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tentang penerapan riset dan riset sebagai salah satu pembelajaran abad 21 pada pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Banyuwangi. Penelitian ini merupakan penelititian kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas 7, 8 dan 9 MTsN 3 Banyuwangi dan dilakukan selama 8 bulan dimulai bulan Maret 2023 sampai Oktober 2023. Partisipan penelitian ini adalah 8 guru pembelajar riset dan 23 peserta didik yang terdaftar dalam riset club . Data dalam penelitian ini diambil melalui observasi dan wawancara semi terstruktur. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa riset pada MTsN 3 Banyuwangi belum maksimal, karena beberapa hal terutama pada tim pembimbing riset yang selalu berganti setiap ajaran baru. Adapun solusi yang dilakukan oleh Madrasah untuk mengatasi masalah tersebut antara lain; pembentukan tim riset baru yang dianggap lebih kompeten , pembuatan kurikulum riset, pembentukan peserta didik yang tergabung dalam riset club sesuai “passion” bidang masing-masing , pembimbingan secara kontinue dan terarah, perencanaan kerja sama proses riset dengan instansi lain yang terkait dan perguruan tinggi.
Kata Kunci: Penerapan Riset, Pembelajaran abad 21, MTsN 3 Banyuwangi.