Pengembangan “MICAYU”: Media Microsite untuk Proyek Prototype Free Energy Panel Surya dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek

Penulis

  • Ifa Hidayah MAN 3 Kediri
  • Fathya Zahra Asyhary MAN 3 KEDIRI
  • Ahmad Kevin Ilhamit Tamam MAN 3 KEDIRI

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i1.463

Kata Kunci:

media pembelajaran, microsite, pembelajaran berbasis proyek

Abstrak

Media pembelajaran berbasis digital saat ini sangat digemari oleh pelaku pendidikan. Selain menjadi trend dalam dunia pendidikan, media digital mampu membangkitkan semangat peserta didik untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam menyajikan hasil pembelajaran. Dalam kurikulum merdeka, pembelajaran diharapkan dapat menerapkan model-model pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa, salah satunya adalah pembelajaran berbasis proyek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembuatan media pembelajaran fisika berbasis proyek dengan media “MICAYU” pada materi energi alternatif dan untuk mengetahui tingkat keefektifan  “MICAYU” sebagai media pamer proyek pembelajaran fisika. Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Penelitian ini menghasilkan sebuah web mini yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Mini web ini menggabungkan aplikasi Canva dan YouTube untuk membuat microsite yang dikemas secara simpel, interaktif dan menarik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kelayakan dari ahli media dan ahli materi berkategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 93,34 %. Dari hasil analisis angket respon peserta didik didapatkan 74 % berada pada kategori praktis. Dengan demikian media MICAYU ini efektif digunakan dalam pembelajaran berbasis proyek.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-06-26

Cara Mengutip

Hidayah, I., Asyhary, F. Z., & Ilhamit Tamam, A. K. (2024). Pengembangan “MICAYU”: Media Microsite untuk Proyek Prototype Free Energy Panel Surya dalam Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 18(1), 108–119. https://doi.org/10.52048/inovasi.v18i1.463