Hubungan Antara Project-Based Learning dan Kemampuan Berbicara Dalam Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas

Penulis

  • arjunina maqbulin Teacher of MAN 2 Nganjuk

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i2.457

Kata Kunci:

Hubungan, Kemampuan berbicara, Project-based learning

Abstrak

ABSTRAK

Saat ini, siswa diajarkan untuk mencapai keterampilan yang akan membantu mereka bertahan hidup di abad ke-21. Keterampilan penting yang harus dikuasai siswa untuk menghadapi abad 21 adalah berpikir kritis, pemecahan masalah, komunikasi, dan kolaborasi. Salah satu model yang dapat digunakan untuk mempersiapkan siswa menghadapi hal tersebut adalah pembelajaran berbasis proyek. Sedangkan untuk pengajaran bahasa Inggris, model ini dapat digunakan khususnya untuk keterampilan produktif seperti menulis dan berbicara. Dalam pembelajaran berbasis proyek siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan proyek, sedangkan dalam meningkatkan keterampilan berbicara, siswa juga akan belajar lebih baik jika berlatih dalam kelompok karena siswa akan berbicara lebih baik jika menikmati kegiatan tersebut. Karena pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan berbicara diterapkan lebih baik dalam kelompok, itulah mengapa penting untuk menghubungkan antara pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan berbicara siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan penelitian apakah ada hubungan antara pembelajaran berbasis proyek dan kemampuan berbicara siswa. Oleh karena itu, digunakan penelitian korelasional. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 36 siswa. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah angket untuk mengetahui nilai pembelajaran berbasis proyek dan tes berbicara untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai korelasi Pearson antara pembelajaran berbasis proyek dengan keterampilan berbicara adalah sebesar 0,107 yang berarti terdapat hubungan yang sangat lemah antara pembelajaran berbasis proyek dengan keterampilan berbicara. Selain itu, hasil tersebut juga berarti bahwa tidak ada nilai signifikansi statistik antara pembelajaran berbasis proyek dan keterampilan Berbicara karena nilai signifikansinya adalah 0,534 yang berarti lebih besar dari 0,05 (0,534 > 0,05).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-12-21

Cara Mengutip

maqbulin, arjunina. (2023). Hubungan Antara Project-Based Learning dan Kemampuan Berbicara Dalam Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 17(2), 215–222. https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i2.457