Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Limit Fungsi Aljabar Di Kelas XI IIS 1
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i2.438Kata Kunci:
keaktifan, Limit Fungsi Aljabar, Strategi think pair shareAbstrak
ABSTRAK
Strategi Think Pair Share dipilih dengan alasan, antara lain: (1) berdasarkan pengamatan sehari-hari di materi yang sebelumnya hingga penelitian ini dilakukan, peserta didik di kelas XI IIS 1 ketercapaian hasil belajar tergolong rendah serta kurangnya minat akan belajar Matematika dikarenakan mindset akan ilmu Matematika adalah abstrak, dan (2) strategi Think-Pair-Share ini belum pernah dipraktikkan dan dilakukan baik oleh peneliti sebagai pendidik dan oleh peserta didik di kelas XI IIS 1. Dalam pelaksanaannya ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan agar penerapan TPS dapt meningkatkan keaktifan belajar siswa. Hal-hal penting tersebut adalah: (1) pada tahapan Thinking dilaksanakan dengan berkelompok. Setiap kelompok beranggotakan 2 orang dan melakukan diskusi dengan bantuan LKPD, (2) pada tahapan Pair dilaksanakan dengan siswa berkelompok dengan anggota 4 orang siswa yang terdiri dari gabungan 2 kelompok pada tahap sebelumnya (3) pada tahapan Share salah satu kelompok pada tahap pair diminta untuk menjelaskan hasil diskusi kelompok dalam menyelesaikan LKPD di depan kelas dengan diperhatikan seluruh siswa di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) 100% dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IIS 1 MAN 1 Pasuruan kemudian indikator keberhasilan pada aspek kognitif dan psikomotorik sebesar > 80% terpenuhi dengan baik.
Kata Kunci: Strategi think pair share, Limit Fungsi Aljabar, keaktifan.