TINGKAT VISUALITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR

Penulis

  • Umi Farihah Kementerian Agama

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v10i4.43

Kata Kunci:

Bahasa Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat visualitas siswa
dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya belajar.
Peneli ti an i ni menggunakan pendekatan kual itati f dan bersi fat
deskriptif. Subyek penelitian ini adalah enam siswa kelas VIII MTsN
Kampak Trenggalek, tahun pelajaran 2014/2015 dengan gaya belajar
yang berbeda yaitu dua siswa visual, dua siswa auditorial, dan dua
siswa kinestetik. Instrumen Pengolahan Matematika (MPI) Suwarsono
(1982) di berikan untuk menentukan tingkat visual i tas mereka.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa tingkat
visualitas siswa yang bergaya belajar visual adalah visualizer, tingkat
visualitas siswa yang bergaya belajar auditorial adalah harmonic thinker,
dan tingkat visualitas siswa yang bergaya belajar kinestetik ada yang
visualizer dan ada yang harmonic thinker.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Umi Farihah, Kementerian Agama

MTsN Trenggalek

Diterbitkan

2016-03-21

Cara Mengutip

Farihah, U. (2016). TINGKAT VISUALITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 10(4), 339–346. https://doi.org/10.52048/inovasi.v10i4.43