TINGKAT VISUALITAS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v10i4.43Kata Kunci:
Bahasa IndonesiaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat visualitas siswa
dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya belajar.
Peneli ti an i ni menggunakan pendekatan kual itati f dan bersi fat
deskriptif. Subyek penelitian ini adalah enam siswa kelas VIII MTsN
Kampak Trenggalek, tahun pelajaran 2014/2015 dengan gaya belajar
yang berbeda yaitu dua siswa visual, dua siswa auditorial, dan dua
siswa kinestetik. Instrumen Pengolahan Matematika (MPI) Suwarsono
(1982) di berikan untuk menentukan tingkat visual i tas mereka.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa tingkat
visualitas siswa yang bergaya belajar visual adalah visualizer, tingkat
visualitas siswa yang bergaya belajar auditorial adalah harmonic thinker,
dan tingkat visualitas siswa yang bergaya belajar kinestetik ada yang
visualizer dan ada yang harmonic thinker.