Penerapan Strategi Think Aloud Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Naratif Kelas X-9 MAN 1 Kab. Pasuruan

Penulis

  • Eka Sugeng Ariadi mtsn 6 pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i2.422

Kata Kunci:

Strategi Think Aloud, Teks Naratif Legenda, Keterampilan Membaca

Abstrak

Hingga saat ini budaya membaca di Indonesia masih termasuk yang paling rendah di dunia. Hal ini berdampak pada rendahnya kemampuan atau keterampilan membaca peserta didik.    Salah satu solusi yang diberikan oleh pemerintah untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerbitkan Seri Manual GLS khusus terkait Strategi Think Aloud untuk jenjang SMA sederajat      Penelitian yang dilakukan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk menerapkan strategi think aloud pada kelas X-9 di MAN 1 Pasuruan pada semester genap tahun pelajaran 2022-2023. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: (1) bagaimana strategi think aloud dipraktikkan dalam meningkatkan keterampilan membaca teks naratif di kelas X-9 MAN 1 Pasuruan? dan (2) sejauh mana strategi think aloud dapat meningkatkan keterampilan membaca teks naratif di kelas X-9 MAN 1 Pasuruan? Berdasarkan hasil pelaksanaan siklus 1 dan siklus 2, peneliti menyimpulkan, pertama, pelaksanaan strategi think aloud di kelas X-9 MAN 1 Pasuruan dapat sepenuhnya (100%) dipraktikkan sesuai dengan acuan atau panduan yang telah dituangkan dalam kajian pustaka. Kedua, penerapan strategi think aloud secara signifikan mampu meningkatkan keterampilan membaca peserta didik kelas X-9 MAN 1 Pasuruan baik pada aspek pengetahuan (kognitif) maupun aspek keterampilan (psikomotorik). Pada aspek kognitif terjadi peningkatan yang sangat signifikan dari siklus 1 ke siklus 2. Hal yang sama juga terjadi pada aspek psikomotorik meskipun tidak terlalu signifikan. Dengan demikian indikator keberhasilan yang kedua dan ketiga di mana rerata nilai kelas X-9 pada aspek kognitif dan psikomotorik sebesar >80% terpenuhi dengan baik. Ada beberapa saran untuk penelitian selanjutnya, pertama, strategi think aloud sangat layak dipraktikkan dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran (mapel) bahasa Inggris dan juga mapel yang lain, karena strategi ini mampu meningkatkan kualitas berpikir peserta didik dalam memahami teks yang sedang dibaca. Kedua, modelling sebuah strategi yang baru juga sangat diperlukan sebagai petunjuk awal atau panduan bagi peserta didik agar lebih mudah dalam mempraktikkan secara mandiri ketika membaca teks-teks yang lain. Terakhir, diperlukan penelitian lanjutan pada mapel yang lain, selain bahasa Inggris, dengan menggunakan strategi think aloud atau memodifikasinya dengan strategi yang lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Ariadi, E. S. (2023). Penerapan Strategi Think Aloud Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Teks Naratif Kelas X-9 MAN 1 Kab. Pasuruan. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 17(2), 139–149. https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i2.422