Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Terintegrasi Augmented Reality Pada Topik Bentuk Molekul
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i2.417Kata Kunci:
Augmented Reality, bentuk molekul, Google SitesAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk membuat produk berupa media pembelajaran Google Sites terintegrasi Augmented Reality yang valid, efektif, dan praktis. Jenis riset ini tergolong penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D. Sasaran penelitian ini adalah 30 orang peserta didik kelas X-E MAN 1 Kota Malang . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi, soal tes, dan angket. Data kuantitatif hasil validasi dianalisis menggunakan Aiken's V dan statistik deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian memperlihatkan bahwa: (1) produk termasuk kategori sangat valid dengan persentase rata-rata 91% (2) rata-rata skor tes responden setelah menggunakan produk adalah 70 yang menunjukkan bahwa produk tergolong efektif; dan (3) rata-rata respon terhadap produk adalah 88% yang menunjukkan bahwa produk tersebut sangat baik dan tergolong sangat praktis. Produk tersebut layak digunakan dan dapat mendukung penguasaan konsep berbasis teknologi, khususnya pada topik bentuk molekul.