Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Terintegrasi Augmented Reality Pada Topik Bentuk Molekul

Penulis

  • Ririn Eva Hidayati MAN 1 Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i2.417

Kata Kunci:

Augmented Reality, bentuk molekul, Google Sites

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk membuat produk berupa media pembelajaran Google Sites  terintegrasi Augmented Reality yang valid, efektif, dan praktis. Jenis riset ini tergolong penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D. Sasaran penelitian ini adalah 30 orang peserta didik kelas X-E MAN 1 Kota Malang . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi, soal tes, dan angket. Data kuantitatif hasil validasi  dianalisis menggunakan Aiken's V dan statistik deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian memperlihatkan bahwa: (1) produk termasuk kategori sangat valid dengan persentase rata-rata 91% (2) rata-rata skor tes responden setelah menggunakan produk adalah 70 yang menunjukkan bahwa produk tergolong efektif; dan (3) rata-rata respon terhadap produk adalah 88% yang menunjukkan bahwa produk tersebut sangat baik dan tergolong sangat praktis. Produk tersebut layak digunakan dan dapat mendukung penguasaan konsep berbasis teknologi, khususnya pada topik bentuk molekul. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-12-20

Cara Mengutip

Hidayati, R. E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Google Sites Terintegrasi Augmented Reality Pada Topik Bentuk Molekul. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 17(2), 125–138. https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i2.417