Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Sikap Dengan Penilaian Autentik Komprehensif Melalui IHT

Penulis

  • Caswita Caswita SDN 4 Tugu Kota Tasikmalaya
  • Sukur Hidayat SDN 1 Tugu Kec. Cihideung Kota Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i1.392

Kata Kunci:

teacher ability, attitude assessment, inhouse training (IHT).

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan penilaian aspek sikap peserta didik dengan penilaian autentik melalui in-house training. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (PTS). Metode penelitian dilakukan melalui dua siklus, dilaksanakan di SDN Sindanggalih Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2021/2022. Data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Hasil masing-masing siklus dianalisis dengan pendekatan deskriptif, kemudian dijadikan acuan untuk tindakan selanjutnya. Berdasarkan data yang diperoleh dilaksanakan dengan tiga tahapan, yakni tahap pendahuluan, inti, dan penutup. Kecakapan trainer dalam mengimplementasikan in house training dalam siklus I ada di kategori yang tinggi yaitu 60% serta sudah meningkat menjadi 100% pada siklus II. Model in house training bisa menaikkan kecakapan guru menilai aspek sikap. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan kemampuan guru dari mampu kategori sangat mampu (50%) pada siklus I menjadi kategori sangat mampu (70%) dan mampu (30%) pada siklus II. In-house training bisa menaikkan kompetensi guru dalam melaksanakan penilaian aspek afektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-07-07

Cara Mengutip

Caswita, C., & Hidayat, S. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Penilaian Sikap Dengan Penilaian Autentik Komprehensif Melalui IHT. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 17(1), 45–51. https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i1.392