Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan E-Book Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Sains Materi Vektor

Penulis

  • Subkannayla S.Pd., M.Pd.I MAN 2 MOJOKERTO

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i1.389

Kata Kunci:

Flipped Classroom, Literasi Sains, Peningkatan

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kompetensi literasi sains materi vektor dengan mengimplementasikan model pembelajaran flipped classroom berbantuan E-book interaktif. Penelitian ini berbentuk best practice dalam melaksanakan pembelajaran dengan sampel penelitian peserta didik kelas X IPA-1 MAN 2 Mojokerto. Hasil analisis penelitian menunjukkan nilai rata-rata klasikal  mengalami peningkatan yang signifikan dari nilai pre test 49,67 meningkat menjadi 84,52 pada post test dan ketuntasan hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari 37 % pada pre test menjadi 93 % pada post test. Implementasi model pembelajaran flipped classroom berbantuan e-book interaktif dapat meningkatkan kompetensi literasi sains materi vektor dan menjadi pengalaman terbaik (best practice) bagi guru serta memberikan dampak positif terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2023-07-07

Cara Mengutip

S.Pd., M.Pd.I, S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan E-Book Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Sains Materi Vektor. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 17(1), 21–32. https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i1.389