Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan E-Book Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Sains Materi Vektor
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i1.389Kata Kunci:
Flipped Classroom, Literasi Sains, PeningkatanAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kompetensi literasi sains materi vektor dengan mengimplementasikan model pembelajaran flipped classroom berbantuan E-book interaktif. Penelitian ini berbentuk best practice dalam melaksanakan pembelajaran dengan sampel penelitian peserta didik kelas X IPA-1 MAN 2 Mojokerto. Hasil analisis penelitian menunjukkan nilai rata-rata klasikal mengalami peningkatan yang signifikan dari nilai pre test 49,67 meningkat menjadi 84,52 pada post test dan ketuntasan hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari 37 % pada pre test menjadi 93 % pada post test. Implementasi model pembelajaran flipped classroom berbantuan e-book interaktif dapat meningkatkan kompetensi literasi sains materi vektor dan menjadi pengalaman terbaik (best practice) bagi guru serta memberikan dampak positif terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru.