Korelasi Antara Kepercayaan Diri, Efikasi Diri, Dan Kemampuan Berbicara
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v17i1.383Kata Kunci:
Kepercayaan Diri Siswa, Efikasi Diri, Kemampuan BerbicaraAbstrak
Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan antara kepercayaan diri siswa, efikasi diri dan kemampuan berbicara mereka pada siswa kelas dua MA Miftahul Ishlah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain korelasi. Pada penelitian ini, angket dan dokumentasi digunakan sebagai alat penelitian untuk mengumpulkan data siswa. Ada dua angket yang peneliti gunakan, yaitu angket kepercayaan diri dan efikasi diri, sedangkan untuk nilai berbicara siswa diambil dari dokumen guru Bahasa inggris. Berdasarkan angket diperoleh hasil tertinggi dari angket kepercayaan diri siswa 97 dan terendah 71, sedangkan hasil tertinggi dari angket efikasi diri 94 dan terendah 72, untuk kemampuan berbicara siswa hasil tertinggi 95 dan terendah 70. Setelah melakukan analisis variabel X1 (kepercayaan diri), X2 (efikasi diri) dan Y (berbicara) dengan Pearson Product Moment dan multiple correlation pada program SPSS, didapatkan r = .693 untuk hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan berbicara dan hubungan antara kepercayaan diri dengan efikasi diri, dan r = .230 untuk efikasi diri dengan kemampuan berbicara. Sedangkan nilai multiple correlation menunjukkan r = .701 dengan koefisien determinasi 46.1%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang kuat, jadi hipotesis alternatif menyatakaan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, ini berarti terdapat hubungan antara kepercayaan diri siswa, efikasi diri dan kemampuan berbicara mereka.