Analisis Kemampuan Menulis Melalui Program Literasi “Cara Sakti Hobi Nulis” Di MI Modern Sakti Permatahati Ibu Tulungagung
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i2.372Kata Kunci:
Kemampuan Menulis, Literasi, Program Literasi MadrasahAbstrak
Keterampilan literasi akan optimal terasah bila dikenalkan sejak jenjang pendidikan dasar. Peran penting kemampuan literasi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam penerimaan atau penyebaran informasi. Sehingga literasi menjadi sebuah hal penting yang harus dipahami oleh seorang, khususnya agar dapat menerima dan bertukar informasi dengan baik. Tujuan penelitian ini menganalisis kemampuan literasi santri melalui program belajar yang tersedia di MI Modern SAKTI permatahati IBU Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah santri kelas IV, V, dan VI. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian, terdapat empat faktor penting yang mendorong peningkatan literasi santri, yaitu faktor sumber belajar, bahan belajar, strategi belajar dan evaluasi, serta faktor yang berhubungan secara langsung dengan kepala madrasah, guru dan santri sebagaimana menjadi pihak yang terlibat langsung dengan proses belajar mengajar yang dilaksanakan. Pihak MI Modern SAKTI permatahati IBU Tulungagung menformulasikan empat faktor dan mendorong keberhasilan pembelajaran dengan melaksanakan program literasi sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas literasi.