KOMPETENSI KONSELING MULTIBUDAYA GURU BK MADRASAH ALIYAH JAWA TIMUR ALUMNI DIKLAT BDK SURABAYA

Penulis

  • Agus Akhmadi Kementerian Agama

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v11i1.37

Kata Kunci:

Competency, BK Teacher, Counseling, Multicultural, Training

Abstrak

Keragaman (multibudaya) merupakan realita kehidupan. Di Madrasah
Aliyah, fenomena multibudaya siswa juga terjadi, dikarenakan
variabel etnografik, demografik dan status. Dalam Agama Islam,
keragaman adalah untuk li-taarofu, mengenal dan memahami serta
membantu. Perbantuan konseling terhadap siswa mengharuskan
kompetensi konsel i ng mul ti budaya (KKM). Penel iti an i ni
mendeskripsi kan KKM Guru BK Madrasah Aliyah, mencakup kesadaran, pengetahuan dan keterampilan konseling multibudaya
serta program diklat peningkatan kompetensi Guru BK.
Penel i tian i ni merupakan studi kasus dengan deskri pti f
kualitatif. Subyek penelitian adalah Guru BK MA alumni Diklat
Bimbingan dan Konseling di Balai Diklat Keagamaan Surabaya.
Pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara.
Anal i si s data di l akukan secara deskripti f kual i tati f. Hasi l
penelitian menunjukkan bahwa, 14 % Guru BK MA memiliki
kompetensi rendah dan 86 % tinggi. Konseling multibudaya
sebagai l ayanan terhadap kl i en yang juga mul ti budaya
semakin penting, sehingga diklat peningkatan kompetensi Guru
BK diperlukan. Program diklat yang sesuai dengan komponen
konseling multibudaya serta model pembelajaran eksperiensial
berbasis andragogi dapat diterapkan untuk Guru BK. Peningkatan
kompetensi konseling multibudaya perlu mendapat perhatian
Balai Diklat dengan mendisain kurikulum dan silabus kediklatan
yang berorientasi pada multibudaya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Agus Akhmadi, Kementerian Agama

Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Surabaya

Unduhan

Diterbitkan

2017-03-27

Cara Mengutip

Akhmadi, A. (2017). KOMPETENSI KONSELING MULTIBUDAYA GURU BK MADRASAH ALIYAH JAWA TIMUR ALUMNI DIKLAT BDK SURABAYA. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 11–21. https://doi.org/10.52048/inovasi.v11i1.37