Pembuatan Spectro-Animation Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Struktur Atom Bohr
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i2.339Kata Kunci:
Spectro-animation, spectrometer, visualisasi, struktur atom BohrAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran yaitu spectro-animation yang digunakan pada pembelajaran struktur atom Bohr. Media spectro-animation terdiri atas hardware yang terintegrasi dengan software animasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) tipe Borg and Gall, melalui tiga tahap yaitu: penelitian rancangan dan studi literatur, perancangan dan pembuatan, dan pengembangan produk. Media spectro-animation yang dihasilkan diuji validasi dan kelayakan oleh pakar dan guru kimia. Hasil validasi mendapat skor rata-rata 94,5 dan 94,0 kategori sangat baik. Uji produk akhir dilakukan kepada 20 orang siswa kelas X MIPA 1. Terdapat peningkatan pemahaman siswa dari rata-rata pre-test yaitu 64, menjadi skor 81 pada rata-rata post-test. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi (sig) 0,000 < 0,05, terdapat perbedaan signifikan pembelajaran struktur atom Bohr sebelum dan sesudah menggunakan media. Uji kelayakan oleh pakar dan guru kimia dengan indikator efektivitas, efisiensi dan kepraktisan media, masing-masing mendapat skor 98,0 dan skor 93,0 kategori sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan media spectro-animation efektif dan dapat diimplementasikan dalam pembelajaran struktur atom Bohr.