Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Dan Bertindak Kreatif Peserta Didik Melalui Pemanfaatan Video Pembelajaran Animasi
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i2.335Kata Kunci:
Kompetensi, Berfikir, Kreatif, Video Pembeajaran, AnimasiAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh lemahnya guru dalam penerapan TIK pada proses pembelajaran di kelas. Hal tersebut berdasarkan hasil pengamatanpada rencana pembelajaran guru tidak pernah mencantumkan media pembelajaran yang berbasis TIK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan TIK dalam proses pembelajaran melalui in house training. Dipilihnya in house training sebagai upaya peningkatan kompetensi guru karena segi waktu tidak mengganggu tugas utama guru dan dari segi biaya tidak memerlukan biaya banyak, karena dilaksanakan di internal sekolah. Metode yang digunakan adalah pe-nelitian tindakan sekolah (PTS) dengandua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelak-sanaan tindakan perbaikan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan TIK Melalui in house training pada guru di SDN 3 Sukamenak Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya. Penilaian melalui rubrik observasi in house trainingpada siklus 1 baru 30 % siap mengikuti kegiatan, sehingga masuk pada kategori kurang, dan hasil penilaian pada siklus kedua yang men-capai nilai 80%, berada pada kategori sangat baik. Sedangkan aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus kedua lebih baik dari pada pada saat siklus kesatu. Dimana hasil akhir yang diperoleh peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan TIK pada proses pembelajaran dengan persentase naik 40% adanya peningkatan.