Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Secara Small Group Discussion Pada Tahapan Plan Lesson Study
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i2.334Kata Kunci:
Focus group discussion (FGD), lesson study, kurikulum 2022, modul pembelajaranAbstrak
Lesson study adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru dan pakar pendidikan yang meliputi 3 (tiga) langkah kegiatan yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan pembelajaran (do) dan observasi dilanjutkan dengan refleksi (see) atas suatu perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. FGD adalah kegiatan sistematis mengumpulkan data dan informasi tentang suatu masalah tertentu yang berkaitan dengan penyusunan modul ajar melalui diskusi kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah FGD efektif dalam menyusun modul ajar untuk memenuhi kurikulum 2022 melalui lesson study. Studi deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas FGD dalam menyusun modul pembelajaran untuk memenuhi implementasi kurikulum 2022 atau Kurikulum Merdeka (Kurmer) melalui lesson study. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta lesson study mampu menyusun modul pembelajaran dengan baik. Disimpulkan bahwa pendampingan FGD efektif dalam menyusun modul pembelajaran melalui lesson study.