Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Multi Metode Pembelajaran Melalui Kegiatan In House Training Di SDN Sukamulya Kota Tasikmalaya
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i2.331Kata Kunci:
Kompetensi Guru, Multi Metode, PembelajaranAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran guru dalam meningkatkan kompetensi dalam menerapkan multi metode pembelajaran pada proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalaui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kegiatan In House Training (IHT) berlangsung secara Baik Sekali dengan nilai 94,17. (2) RPP yang dibuat oleh peserta In House Training (IHT) telah mencapai predikat Baik Sekali dengan nilai 86,02. (3) Proses kegiatan pembelajaran berlangsung dengan baik sekali dengan nilai 90,87. (4) Hasil belajar peserta didik meningkat predikat Baik dengan nilai 84,33. Prestasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran mendapat predikat Baik dengan nilai 89,25. (5) Unsur wellbeing (kegembiraan) peserta didik dalam kegiatan pembelajaran mendapat predikat Baik dengan nilai 83,93. Artinya peserta didik merasa senang dan bergembira mengikuti kegiatan pembelajaran dengan berbagai metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru-guru SDN Sukamulya.