TEKNIK PENILAIAN PROYEK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v11i1.33Kata Kunci:
project assessment techniques, biology learning, Madrasah AliyahAbstrak
Teknik penilaian proyek merupakan salah satu teknik penilaian yang digunakan untuk menilai aspek keterampilan dalam pembelajaran Kuri kulum 2013. Penggunaan teknik penilaian proyek tidak terlepas dari penerapan model pembelajaran berbasis proyek. Teknik ini diyakini mampu menilai kemampuan
peserta didik dalam melakukan investigasi dengan menjadikan laporan hasil investigasi sebagai obyek penilaiannya. Penilaian proyek memiliki kelebi han terutama berkaitan dengan pengembangan keterampilan berpikir kritis peserta didik karena mereka harus melakukan serangkaian aktivitas yang investigatif. Proses pelaksanaan teknik penilaian proyek meliputi dua langkah. Langkah awal lebih berfungsi pada upaya penyiapan peserta di di k. Langkah lanjutan di laksanakan pada saat pemberian tugas proyek sampai dengan pelaksanaan penilaian. Penilaian laporan tugas proyek dapat dilakukan meng gunakan rubrik penilaian baik berbentuk analitik maupun holistik. Kajian terhadap kompetensi dasar mata pelajaran Biologi di tingkat Madrasah Aliyah menunjukkan adanya beberapa kompetensi dasar yang harus dinilai dengan teknik penilaian proyek.