Sikap Moderasi Beragama Guru Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i1.294Kata Kunci:
Madrasah, Moderasi beragama, Guru.Abstrak
Moderasi beragama merupakan program nasional untuk mewujudkan kehidupan damai. Sikap moderasi beragama dikembangkan di madrasah sebagai nilai-nilai utama kehidupan. Gerakan mewujudkan moderasi beragama di madrasah perlu dimulai oleh para guru dengan sikap moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sikap moderasi beragama guru madrasah dan strategi pengembangan moderasi beragama di madrasah. Penelitian diawali telaah pustaka untuk mengkaji konsep moderasi beragama, sikap moderasi beragama dan strategi pendidikan moderasi beragama. Responden penelitian adalah 111 guru madrasah yang mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Instrumen penelitian berupa skala sikap moderasi beragama yang terstandar, angket dikirimkan lewat unggahan google formulir kepada responden. Pengolahan data dilakukan secara statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap moderasi beragama guru madrasah dalam kategori sedang dan tinggi. Sikap moderasi beragama guru bervariasi jika ditinjau dari tingkat pendidikan, latar tugas guru, spesialisasi pengajar, status kepegawaian dan jenis kelamin. Sikap moderasi beragama penting dalam mewujudkan kehidupan damai, oleh karena itu disarankan upaya peningkatan sikap moderasi beragama pada guru.