Model Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i1.288Kata Kunci:
Recirpocal Teaching, kajian literatur, IPA, sekolah dasarAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Reciprocal Teaching dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode kajian literatur. Sumber data yang digunakan dalam artikel ini dari jurnal yang dikategorikan sebagai sumber utama dan sumber pendukung dalam rentang 10 tahun (2012 s.d 2020). Temuan penelitian menunjukkan bahwa model Reciprocal Teaching dapat dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran IPA di sekolah dasar karena model pembelajaran efektif dengan empat strategi pemahaman, yaitu merangkum bacaan, mengajukan pertanyaan, memprediksi materi lanjutan, dan mengklarifikasi istilah-istilah yang sulit dipahami. Penggunaan model Reciprocal Teaching dalam pembelajaran di sekolah dasar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, hasil belajar IPA, kemampuan berpikir kritis, kompetensi pengetahuan IPA, kemampuan membaca siswa, keteramilan berkomunikasi siswa, penguasaan bacaan siswa, serta ketuntasan belajar siswa.