Penggunaan Aplikasi G Suite For Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pendapatan Nasional Siswa Kelas XI IPS MAN 5 Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i1.279Kata Kunci:
G Suite For Education, Pendapatan Nasional, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan penguatan karakter siswa di kelas XI IPS MAN 5 Bojonegoro tahun pelajaran 2021/2022 melalui Aplikasi G Suite For Education pada materi pendapatan nasional. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model desain Kemmis berdasarkan siklus-siklus, terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Langkah pada siklus berikutnya adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebelum masuk pada siklus 1 dilakukan tindakan pendahuluan yang berupa identifikasi permasalahan pada siswa kelas XI IPS dengan jumlah siswa kelas 31 anak dan instrument dalam penelitian ini adalah observasi, penugasan dan tes. Hasil yang diperoleh dari penelitian berdasarkan data observasi, penugasan dan tes. Perbaikan diperoleh dengan penerapan Aplikasi G Suite For Education dapat meningkatkan hasil belajar dan penguatan karakter siswa. Hal ini terbukti pada pencapaian hasil belajar yakni pada siklus ke-1 sebesar 69. Sedangkan pada siklus ke-2 terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebesar 89. Karakter Tanggung jawab juga mengalami peningkatan, sebelum penerapan Aplikasi G Suite For Education peserta didik banyak yang tidak mengerjakan tugas, setelah adanya program tersebut peserta didik antusias dalam mengerjakan tugas. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Aplikasi G Suite For Education yang digunakan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan penguatan karakter siswa kelas XI IPS MAN 5 Bojonegoro Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil lapangan tentang keefektifan Aplikasi G Suite For Education ini layak dan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran dalam pembelajaran selanjutnya.