Konstruksi Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Di Pondok Pesantren (Studi kasus di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda Surabaya)

Penulis

  • Edi Warsito UIN Sunan Ampel

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i1.276

Kata Kunci:

Karakter, konstruksi, pondok pesantren

Abstrak

Rumusan masalah dari penelitian ini adalah 1)Bagaimana deskripsi kontruksi pendidikan karakter yang diterapkan di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda, 2)Bagaimana implikasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda di dalam kejujuran dan kedisiplinan. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka penulis mencoba untuk meneliti tentang pendidikan karakter bagi mahasiswa di kota metropolitan, yakni di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda Surabaya. Penulis ingin mendeskripsikan bagaimana Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda Surabaya mengkontruksikan pendidikan karakter bagi santrinya, dan implikasi pendidikan karakter di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda Surabaya bagi santri dalam hal kejujuran dan kedisiplinan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian tunggal. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Validasi data menggunakan trianggulasi data, sedangkan data dianalisis dengan model interaktif yang terbagi dalam pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda dalam menjalankan pendidikan karakter menekankan pada penanaman nilai-nilai religius dan budi pekerti yang luhur diikuti dengan praktik. Kegiatan pendidikan meliputi pengajian di majlis ilmu secara klasikal yang menekankan aspek kognisi dengan diselingi pembiasaan karakter pada kegiatan pengajian. Para asatidz dan pengurus pondok juga memberikan teladan dan pengarahan agar santri dapat memilki budipekerti yang luhur pada setiap kesempatan di keseharian santri. Dalam menjalankan semuanya itu, segenap pendidik dibantu oleh berbagai pihak baik dari dalam pondok pesantren maupun dari luar pondok pesantren agar pembinaan dapat berjalan lancar dan kondusif. Adapun implikasi dari pendidikan yang dilakukan di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda adalah santri memiliki karakter Enam Tabiat Luhur dan nilai yang terkandung dalam Tri Sukses Generus yang mana termanifestasi dalam “professional-religius”.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-07-18

Cara Mengutip

Warsito, E. (2022). Konstruksi Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa Di Pondok Pesantren (Studi kasus di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda Surabaya). Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 16(1), 21–29. https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i1.276