Pelaksanaan Supervisi Akademik Di MTs Yayasan Islam Rajamandala

Penulis

  • Asih Aryani Kementerian Agama
  • Sya'adah Aisyah Nurjanah, S Kementerian Agama Kabupaten Bandung Barat

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i1.263

Kata Kunci:

Supervisi, Kepala Madrasah, Guru

Abstrak

Kepala madrasah selaku supervisor di  satuan pendidikan, memiliki peran  teramat penting dalam memberikan pelayanan yang professional dan akuntabel kepada guru-guru, khususnya memberikan motivasi dan  support ke arah pengembangan proses pembelajaran yang semakin baik. Paradigma  guru-guru  terhadap pelaksanaan supervisi cenderung kurang baik dan banyak ber-asumsi bahwa supervisi merupakan kegiatan pengawasan terhadap guru dalam melaksanakan pembelajarannya dengan menekan kebebasan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan supervise akademik di MTs Yayasan Islam Rajamandala. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif  kualitatif dan analisis yang digunakan adalah deskriptif fenomenologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik pada aspek perencanaan masih terhambat dengan adanya beberapa guru yang belum melengkapi perangkat pembelajaran, pada aspek pelaksanaan supervisi masih ada beberapa guru yang belum mengaplikasikan media dan strategi/model pembelajaran, penggunaan IT yang terbatas serta penilaian autentik yang belum bisa dilaksanakan sepenuhnya, sedangkan pada aspek tindak lanjut supervisi, beberapa guru sudah diberikan reward atas kinerjanya yang baik dengan menjadikannya sebagai supervivor rekan sejawat dan tim Penilai Kinerja Guru

Kata Kunci: Supervisi, Kepala Madrasah, Guru

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-07-18

Cara Mengutip

Aryani, A., & Nurjanah, S. A. (2022). Pelaksanaan Supervisi Akademik Di MTs Yayasan Islam Rajamandala. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 16(1), 30–40. https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i1.263