Persepsi Mahasiswa Tentang Ekstrakurikuler English Camp Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Inggris

Penulis

  • Sugeng Susilo Adi Jurusan Pendidikan Bahasa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya
  • Rahmad Adi Wijaya Kemendikbud

DOI:

https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i1.253

Kata Kunci:

English camp, kemahiran bahasa Inggris, persepsi siswa

Abstrak

Persepsi adalah salah satu faktor yang membentuk kesadaran seseorang. Tingkat kesadaran seseorang dapat dilihat dari bagaimana persepsi seseorang terhadap objek yang dirasakan, mengarah pada persepsi positif atau negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang English Camp untuk mahasiswa tahun pertama Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Brawijaya dalam meningkatkan kemahiran berbahasa Inggris siswa melalui tiga domain pembelajaran. English Camp adalah inovasi dari Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang dimulai sejak 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir semua responden memberikan persepsi positif bahwa English Camp dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa melalui tiga domain pembelajaran: kognitif, afektif dan psikomotor. Hampir semua siswa menunjukkan persetujuan berdasarkan 10 pernyataan melalui kuesioner yang diberikan peneliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hampir seluruh siswa memberikan persepsi positif. Ini merujuk pada tiga domain pembelajaran oleh Bloom. Dari ketiga domain, itu menunjukkan persepsi positif di setiap domain. Ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris dengan mengikuti English Camp.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-07-18

Cara Mengutip

Adi, S. S., & Wijaya, R. A. (2022). Persepsi Mahasiswa Tentang Ekstrakurikuler English Camp Dalam Meningkatkan Kemahiran Berbahasa Inggris. Inovasi: Jurnal Diklat Keagamaan, 16(1), 1–8. https://doi.org/10.52048/inovasi.v16i1.253