TEKNIK PENILAIAN KINERJA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI TINGKAT MADRASAH ALIYAH
DOI:
https://doi.org/10.52048/inovasi.v10i4.24Kata Kunci:
teknik penilaian kinerja, pembelajaran Biologi, madrasah aliyahAbstrak
Penggunaan teknik penilaian kinerja sejalan dengan aspek proses dimana
pembelajaran Biologimenuntut peserta didik melakukan kinerja ilmiah
sebagai bagian dalam proses pembelajaran. Kinerja ilmiah akan mengantar
peserta didik belajar bagaimana pengetahuan Biologi diperoleh.
Oleh karena itu, pengembangan instrumen penilaian kinerja menjadi
sangat penting untuk dikuasai para guru Biologi. Hal ini diperkuat dengan
keharusan melakukan penilaian pada kompetensi dasar terkait ranah
keterampilan sebagaimana amanah kurikulum 2013. Langkah
pengembangan instrumen penilaian yang dimulai dari penentuan bentuk
keterampilan yang akan dinilai sampai dengan langkah penyusunan format
observasi dan rubrik penilaian kinerja dipaparkan pada tulisan ini. Artikel
ini juga membahas kedudukan penilaian kinerja ditinjau dari pengertian
penilaian kinerja oleh para ahli.